DILEMA MENONTON FILM DI BIOSKOP BERSAMA ANAK

Hai Moms, Sudahkah moms mengajak anak nonton film bioskop?
Bagi sebagian orang, menonton film di bioskop bersama anak merupakan hal yang masih menjadi kontroversi. Pasalnya, banyak yang berpendapat bahwa anak-anak apalagi balita masih belum mengerti jalan cerita, efek suara bioskop yang terlalu keras dan tajamnya gambar dilayar bioskop dapat mengganggu pendengaran dan penglihatan mereka. Namun disisi lain banyak juga orang tua yang berpendapat bahwa pergi menonton bersama keluarga (baca; anak) merupakan hiburan dan family time tersendiri. Kalo menurut aku sendiri, semuanya kembali lagi ke orangtuanya. Pastinya, orang tua memiliki alasan tersendiri untuk Yes/No mengajak anak ke bioskop. Nah berikut ini, aku akan sharing tentang hal-hal yang bisa dijadikan pertimbangan ketika mengajak anak menonton film di bioskop.

1.        Usia Anak
Hal pertama yang perlu moms perhatikan adalah usia anak. Kalo aku sih lebih memilih untuk bersabar sampai anak benar-benar siap untuk diajak menonton. Kesiapannya bisa dilihat dari ketertarikan dan rasa ingin tau mereka akan jalan cerita maupun kesiapan indra pendengar serta penglihatan mereka. Lalu, baiknya usia berapa? Berdasarkan artikel yang aku baca di parenting.co.id, usia 4 th merupakan usia yang tepat. Biasanya yang menjadi kebimbangan orang tua adalah jika mempunyai 2 anak atau lebih, anak pertama ingin sekali nonton sedangkan anak ke dua masih dibawah 4 th. Kalau pendapatku sih, bisa dengan cara kaka nonton bareng Dad, Mom jaga adik atau sebaliknya. Tapi kalau kaka memaksa ingin nonton bareng Dad dan Mom bagaimana? bisa dikomunikasikan dengan kaka alasan Dad dan Mom tidak bisa menemani dalam waktu bersamaan karena salah satu harus menjaga adik.

2.       Judul Film
Selanjutnya, hal yang perlu menjadi perhatian orang tua adalah judul film. Sebaiknya, kita sebagai orang tua sebelum mengajak anak nonton dibioskop, cari tahu terlebih dahulu tentang review film tersebut. Pelajaran atau nilai apa yang bisa didapatkan dari film tersebut. Jalan ceritanya bisa dimengerti anak atau tidak. Ketika sudah dibioskop dan anak terlihat bosan dan jenuh. Jangan paksa mereka untuk menontonnya sampai akhir. Mom atau Dad bisa menawarkan ke anak apakah mau pulang atau menunggu filmnya selesai.

3.       Rating usia
Hal yang terpenting lainnya yang perlu diperhatikan adalah rate usia penonton film. Di Indonesia sendiri sudah menerapkan rating atau klasifikasi film berdasarkan usia, setiap film yang di putar dibioskop/televisi sudah diklasifikasikan mulai dari semua umur sampai 21 tahun atau lebih. Orang tua wajib mengetahui rate film yang akan ditonton, karena rate tersebut menentukan konten film tersebut baik dari segi bahasa, jalan cerita maupun adegan yang ada di film tersebut. Menurut aku, Mom dan Dad jangan memaksakan anak untuk nonton film yang memang tidak sesuai dengan usianya. Karena selain tidak baik untuk si anak, ketika anak bosan dan rewel dibioskop, penonton lainnya akan merasa terganggu.

4.       Kondisi Anak
Kemudian, hal yang perlu diperhatikan orang tua adalah kondisi anak. Pastikan anak dalam keadaan sehat dan kenyang. Siap sedia cemilan favorit anak untuk menemani anak nonton agar dia tidak merasa kelaparan dan selalu ajak anak untuk ke kamar mandi untuk buang air terlebih dahulu, sehingga ketika sudah berada di bioskop anak sudah nyaman untuk nonton.

5.       Waktu pemutaran film
Hal terakhir yang perlu menjadi pertimbangan Mom dan Dad adalah waktu pemutaran film. Carilah waktu yang tepat untuk nonton, bisa diwaktu liburan atau weekend agar tidak mengganggu sekolah esok paginya. Jam pemutaran film pun perlu diperhatikan, pastikan menonton film di waktu yang bukan jam tidur anak agar istirahat mereka tidak terganggu.

Sekian sharing aku tentang hal-hal yang perlu menjadi pertimbangan moms dan dads sebelum mengajak anak nonton di bioskop. Semoga sharingku diatas bisa bermanfaat ya.


Comments

  1. Artikel yg bermanfaat banget nih buat ibu ibu muda yang baru punya anak tapi ngebet pengen nonton di bioskop.

    ReplyDelete
  2. Tq mom, bermanfaat bgt sharing nya 😍

    ReplyDelete
  3. Karena bahkan nonton film SU pun tidak menjamin anak tidak rewel ya (misal bosan, kaget dll), apalagi yang sudah jelas melanggar batas usianya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Berwisata Saat Pandemi; Naik Kuda Poni di Branchsto