HERBA ASIMOR SOLUSI UNTUK PEJUANG ASI;

 ASI Lancar, Bayi Kenyang & Ibu Tenang

 

Kenapa harus ASI?

Halo mamsi, kali ini aku mau sharing tentang pentingnya ASI nih. ASI merupakan cairan biologis yang diproduksi karena pengaruh hormon prolaktin & oksitosin yang dihasilkan setelah melahirkan. ASI atau Air Susu Ibu mempunyai kandungan gizi yang sangat lengkap & merupakan makanan utama untuk bayi yang belum bisa mencerna makanan padat. Air susu Ibu yang pertama kali keluar disebut kolostrum. warnanya kekuningan & lebih kental. Orang dulu banyak yang mengira bahwa kolostrum itu ASI basi, padahal justru kolostrum itu mengandung banyak immunoglobulin yang baik untuk pertahanan tubuh bayi dalam melawan penyakit. Jadi ASI tersebut jangan dibuang y mamsi.

Pemberian ASI ekslusif sebaiknya diberikan mulai bayi lahir hingga berumur 6 bulan kemudian dilanjutkn sampai umur 2 tahun. Asi memiliki kandungan nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin dan mineral yang mudah di cerna ketimbang susu formula. ASI juga memiliki banyak manfaat. Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi, Asi juga membuat si kecil cerdas dan membuat tulang bayi lebih kuat. Cara memberikan ASi bisa dengan menyusui langsung (direct breast feeding) atau dengan cara dipompa yang kemudian disusui dengan botol bayi/sendok.

Saat bayi baru lahir, beberapa mamsi ada yang langsung keluar ASI nya ada juga yang harus menunggu beberapa hari untuk keluar. Biasanya setelah melahirkan, dokter/bidan menganjurkan untuk melakukan IMD (inisiasi menyusui dini). IMD merupakan proses pembeian ASI sesegera mungkin pada saat si kecil dilahirkan. IMD dilakukan dengan cara meletakkan bayi diatas perut atau dada agar bayi mencari sendiri sumber ASI dan dapat segera menyusu, biasanya berlangsung selama 30-60 menit. Tujuan IMD salah satunya yaitu agar merangsang hormon oksitosin yang berguna untuk menghasilkan ASI. Selain itu bayi yang berada diperut mamsi akan tetap hangat dan lebih tenang karena berada didekapan mamsi. Pengalamanku sendiri ketika anakku lahir, dokter langsung menyuruh aku untuk IMD. Saat itu rasa terharu dan bahagia bercampur. Bahagia karena setelah perjuangan hamil & melahirkan yang melalui banyak halangan & rintangan selesai sudah. Kini aku bisa melihat senyuman manis putri kecilku secara langsung.

Ketika awal melakukan IMD, tentu saja ASI ku tidak langsung keluar. Namun lama kelamaan, cairan putih dari putingku pun keluar ketika mulut puteri kecilku mendekati putingku. Saat itu aku sangat bersyukur karena tidak perlu menunggu jam atau hari untuk bisa menyusui puteri kecilku. Setelah aku mencoba menyusui nya, tiba-tiba anakku mengeluarkan cairan kekuningan dari mulutnya. Setelah diperiksa dokter ternyata bilirubin anakku tinggi & kemungkinan pada saat dilahirkan dia menelan air ketuban. Aku merasa sedih saat itu karena aku harus dipisahkan kamar dengan anakku. Setelah menunggu 1x 24 jam observasi, akhirnya aku bisa menyusui anakku kembali.

Sharing Menyusui

Pengalaman ketika menyusui tentulah berbeda. Begitu juga yang kualami saat melahirkan anak ke duaku. Anakku menyusu tidak begitu lama, baru beberapa menit pelekatan, dia sudah tidak mau menyusu lagi. Sehingga dia mendapatkan lebih banyak foremilk ketimbang hindmilknya. ASI foremilk berwarna kebiruan serta terlihat lebih encer, biasaya keluar pertama saat bayi menyusu. Asi Foremilk mengandung karbohidrat, vitamin, dan protein serta tinggi laktosa, yang membantu perkembangan otak, memberi energi yang dibutuhkan, dan mengatasi rasa haus. ASI hindmilk memiliki tekstur lebih kental dan berwarna jernih, biasanya ASI hindmilk keluar diakhir bayi menyusu. Hindmilk mengandung kalori dan persentase lemak yang tinggi. Bayi yang kekurangan hindmilk akan mengalami pertumbuhan berat badan yang lambat.

Masalah berat badan inilah yang dialami anak kedua ku. Beberapa bulan berat badannya hanya naik sedikit. Aku sempat khawatir saat mengetahui berat badan anakku yang cenderung naik sedikit dan merasa ASI ku kurang. Akhirnya aku mencari informasi tentang cara memberikan ASI yang baik serta bagaimana meningkatkan produksi ASI.

Ada beberapa cara yang aku dan mamsi bisa lakukan untuk membantu meningkatkan produksi ASI diantaranya:

1.     1.  Menyusui sesering mungkin 2-3 jam sekali

Produksi asi itu sesuai dengan kebutuhan. Ketika anak jarang menyusu maka produksi ASI pun akan berkurang. Sebaliknya, ketika anak sering menyusu, Kapasitas ASI pun akan semakin banyak. Usahakan si kecil untuk menyusu sesering mungkin. Tawari bayi mamsi sesering mungkin. Jangan menunggu bayi menangis terlebih dahulu, baru memberikan ASI. Kenali saat dia mulai merasa lapar. Ketika bayi sudah menangis artinya dia kelaparan. Maka, berikanlah asi sebelum dia menangis. Dengan begitu, si kecil akan merasa nyaman.

2.     2.  Lakukan kompres & pijat payudara

Ketika produksi Asi mulai banyak biasanya payudara akan terasa keras. Kompres payudara dengan air hangat. Ini membantu payudara agar lebih lunak sehingga ASI mudah keluar dengan lancar. Sering-seringlah memijat payudara untuk meregangkan otot-otot sehingga mamsi akan merasa nyaman yang pada akhirny dapat menambah produksi ASI.

3.     3.  Support ayah dalam proses menyusui

Keberhasilan menyusui bukan hanya kerjasama antara ibu dan anak saja, akan tetapi peran ayah pun sangat besar dalam kesuksesan pemberian ASI. Berikut beberapa hal yang dapat ayah lakukan untuk membantu meningkatkan produksi ASI.

-        Membantu memijat untuk merangsang hormon oksitosin yang berfungsi untuk mengeluarkan ASI

-        Memberikan waktu istirahat yang cukup untuk ibu dengan mengambil alih posisi untuk merawat anak-anak

-        Membantu menyelesaikan pekerjaan rumah tangga seperti membereskan rumah, menyapu, & mengepel

-        Membantu ibu untuk menyimpan & memberikan ASI perah ke si kecil

-        Ajak ibu untuk ngobrol hal-hal yang menyenangkan atau berdiskusi terkait menyusui & pola asuh

4.      4. Makan makanan yang bergizi

  Sudah menjadi rahasia umum dari dulu bahwa jika ingin memperbanyak produksi ASI mamsi harus mengkonsumsi makanan bergizi. Makanan bergizi disini maksudnya adalah makanan laktogenik atau ASI booster. Makanan laktogenik merupakan jenis makanan yang mengandung galaktagog, yakni senyawa yang terdapat pada tanaman. Senyawa tersebut dapat ditemukan pada sayuran hijau seperti daun katuk, bayam, brokoli, kale, dan daun jinten. Selain galaktagog, sayuran tersebut juga mengandung senyawa fitoestrogen yang serupa dengan hormon estrogen, dimana senyawa ini baik untuk mendukung produksi ASI.

Jika mamsi kurang menyukai sayuran hijau mamsi bisa juga konsumsi kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang kenari, kacang hijau, dan kacang merah. Selain itu, makanan lagtogenik lainnya yaitu biji-bijian seperti biji wijen, biji chia, dan biji rami atau flaxseed.

Nah kalau aku pribadi tidak selalu bisa konsumsi makanan lagtogenik seperti yang disebutkan diatas. Kesibukanku mengurus 2 anak kadang membuatku tidak sempat untuk menyiapkan makanan ASI boosterku apalagi aku harus konsumsi makanan tersebut paling ga 1-2 porsi setiap hari, oleh karena itu aku konsumsi herba ASIMOR.

Ada yang tau ga sih tentang herba ASIMOR?


Seperti yang aku jelaskan sebelumnya, bahwa mamsi dianjurkan makan makanan lactogenik untuk meningkatkan produksi ASI. Namun permasalahannya ketersediaan bahan makanan dan keterbatasan waktu membuat hal tersebut sulit dilakukan. Oleh karena itu, herba ASIMOR hadir untuk melengkapi kebutuhan mamsi smuanya. Herba ASIMOR terbuat dari bahan-bahan alami seperti daun katuk, daun torbangun dan ikan gabus. Dikemas dalam bentuk tablet sehingga memudahkan mamsi untuk mengkonsumsinya.

Kandungan dan manfaat herba Asimor

Daun katuk dan daun torbangun mengandung senyawa galactogoue. Senyawa ini berfungsi untuk menstimulasi, mempertahankan dan meningkatkan produksi ASi. Daun katuk sendiri mengandung 6 zat aktif yang berfungsi untuk memberi peningkatan signifikan dalam ekspresi gen prolaktin dan oksitosin yang berperan penting dalam proses menyusui. Sedangkan daun torbangun mengandung 6 zat aktif yang terbukti bisa meningkatkan aktivitas sel epitel dan metabolisme kelenjar susu sehinga ASI meningkat 65 % tanpa mengubah gizi susu.

Selain daun katuk dan daun tobangun, hebra asimor juga tebuat dari ikan gabus. Ikan air tawar ini merupakan sumber nutrisi penting untuk membantu pertumbuhan anak. Ikan gabus atau Sriatin berfungsi untuk meningkatkan produksi hormon prolactin dan oksitosin yang membantu meningkatkan produksi asi.  Selain itu, ikan dengan nama latin chana striata ini juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan setelah operasi caesar, mempercepat pemulihan dan kekuatan wanita pasca melahirkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Kombinasi galactonol dan striatin yang ada pada herba asimor membantu meningkatkan konsentrasi prolaktin dan oksitosin dalam plasma. Prolaktin merupakan hormon yang membuat sel-sel yang memproduksi Asi secara maksimal sedangkan oksitosin merupakan hormon yang membantu merangsangkeluarnya air susu pada ibu menyusui.

Hasil market riset herba Asimor 

               Berdasarkan hasil market riset tentang herba asimor ditemukan beberapa fakta seperti dibawah ini:

-        Adanya peningkatan kepuasan mam yang mengkonsumsi herbaAsimor

-        Terjadi peningkatan produksi ASI pada hari ke 2-3 penggunaan herbaAsimor

-        Terjadi peningkatan volume ASI pada minggu ke 2 penggunaan herbaasimor

-        Terjadi percepatan durasi pumping pada minggu ke 2 penggunaan herbaAsimor

-        Terjadi peningkatan frekuensi pipis bayi setelah 2 minggu mengkonsumsi herbaAsimor

-        Terjadi perbaikan kualitas tidur bayi pada minggu  ke dua penggunaan herbaAsimor

-        Terjadi peningkatan berat badan bayi setelah ibu konsumsi HerbaAsimor selama 2 minggu

 

Kenapa memilih herba Asimor?

 Ada beberapa jenis asi booster lainnya selain herbaasimor. Aku pun sudh mencoba beberapa, namun memang herbaAsimor yang menurutku berbeda dengan yang lainnya. Seperti hasil riset yang disebutkan diatas, efektifitas herbaasimor bisa terlihat dalam kurun waktu 2 minggu. Hal tersebut yang membuat ku semakin yakin untuk mencobanya. Ternyata memang benar, aku merasakan perbedaannya. Produksi ASi ku semakin meningkat, Berat badan anakku pun semakin naik. Herba asimor aman dikonsumsi sesuai aturan pakai karena dibuat dengan bahan-bahan alami dan juga sudah tersertifikasi halal oleh MUI. Aku jadi semakin tenang mengkonsumsinya.Jika dibandingkan dengan produk lainnya, kandungan serta manfaat herba Asimor lebih lengkap. Selain membantu melancarkan Asi dan membantu meningkatkan produksi ASi, herba Asimo juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka setelah operasi cesar dan mempercepat pemulihan pasca persalinan.

Aku bisa Lancar menyusui, Mamsi pun bisa 

Aku berharap, pengalaman serta beberapa tips dari aku bisa membantu mamsi lainnya untuk bisa terus memberikan ASI. Ingat mamsi! Asi adalah makanan terbaik untuk bayi. Percayalah tuhan telah mempercayakan kita karena kita mampu untuk melaksanakannya. Yuk menjadi pejuang kasih bareng aku untuk terus memberikan Asi ekslusif sampai 6 bulan dan lanjut sampai 2 th! ASI lancar, Bayi kenyang, Ibu tenang deh


#PEJUANGKASIH

#KAWALAWAL

#HAPPYMORKIT

 

Comments

  1. Manajemen ASI yang baik memang sangat membantu ya Mom, meski dikatakan mengASIhi adalah sesuatu yang alami tapi tetap kitanya perlu belajar dan membekali diri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mom,,, proses natural tpi harus didukung dg pengetahuan juga

      Delete
  2. Jd inget masa2 nyusui...kangen juga

    ReplyDelete
  3. Kangen masa2 fight nya menyusui hingga bisa sampai 1 tahun :(

    ReplyDelete
  4. Aku juga lagi menyusui... Manfaat banget nich infonya

    ReplyDelete
  5. Memang asi penting banget buat si kecil... Pastinya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Berwisata Saat Pandemi; Naik Kuda Poni di Branchsto